Arsip Blog

Rabu, 16 Agustus 2017

Saya Mau Bisnis Tapi bagaimana memulainya?


Tulisan saya di Facebook "Kapan Memulai Bisnis?"mendapat pertanyaan dari teman fb, saya mau bisnis, tapi bisnis apa? Bagaimana memulainya? Bisnis yang paling gampang adalah membisniskan hoby, misalkan anda hoby masak, jadikan hoby memasak itu sebagai bisnis, anda hoby menulis jadikan menulis itu sebagai bisnis.
Bagaimana memulainya, gampang bangat, untuk anda yang hoby masak, buat segera masakan super nikmat, setelah itu tawarkan kepada tetangga dan teman dekat masakan super enak buatan anda, kalau dirasa masakan anda memang maknyus, pastinya repeat order dari teman anda akan terjadi.
Anak saya sangat pandai menulis, setiap tugas kuliah yg mewajibkan tulis menulis seperti membuat proposal kalimatnya indah dan sangat menarik, hoby lain anak nongkrong di warnet, nah suatu hari saat nongkrong di warnet ada orang minta tolong bikin proposal, ke petugas warnet, petugas warnet tidak bisa, nah anak saya menawarkan diri membuat proposal itu, ternyata proposal yg dibuat anak saya ok banget, pelanggan warnet sangat puas.
Jadilah hoby menulis itu sebagai pendapatan sampingan anak saya, setiap ada orang yg butuh tulis menulis, mulai dari proposal, tugas kuliah, karya tulis, anak saya selalu di hubungin petugas warnet.
Kata kawan saya Mr Ato Sunarto, jurus memulai Bisnis itu adalah APH, Action Pikir Hitung, bisnis di awali dengan Action bukan dengan mikir apalagi hitung-hitungan.
Kebanyakan orang saat memulai bisnis terlalu banyak mikir, bisnis apa ya? Modalnya berapa ya? Pemasarannya kemana ya? Terus bikin study kelayakan bisni dengan hitungan jlimet, akhirnya tidak pernah actoin.
Action itulah yang dilakukan Bapak Pensiunan Bank, bapak itu malah tidak punya kemanpuan membuat risol, dia kursus terlebih dahulu, lalu langsung action. Pertama bikin risol dijual sama tetangga, sahabat dan kerabat, di awal-awal mental jualan pasti masih malu-malu, tapi seiring perjalan waktu mental malu-malu hilang manakala produk yang kita tawarkan dilirik
Kalau Kata AA Gyim mah bisnis itu diawali dengan 3M (Mulai Dari yang Kecil, Mulai Dari diri sendiri, Mulai sekarang juga), nah mulainya dengan apa? Sekali lagi Action.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar