Arsip Blog

Jumat, 18 Agustus 2017

B a n k

Misalkan anda punya duit satu milyar, anda dikasih dua pilih an untuk menyimpan uang, pertama disimpan di Bang Toyib yang tiga kali puasa dan tiga kali lebaran nggak pulang-pulang, kedua di Bank Mandiri, anda pilih yang mana? pasti semua kompak memilih ke Bank Mandiri.
Kalau anda menyimpan uang satu milyar di Bank, bukti apa yang anda dapat dari bank? Hanya buku tabungan dengan tulisan angka satu milyar dan sebuah ATM.

Kenapa anda lebih memilih Bank Mandiri ketimbang Bang Toyib? Kenapa anda oke-oke saja nyimpan duit satu milyar di bank hanya dicatat pada sebuah buku tabungan? Jawabnya anda percaya sama Bank.

Bank itu adalah lembaga kepercayaan, Bank bekerja atas dasar prinsip-prinsip kepercayaan, orang menyimpan di Bank karena percaya duit yang dia simpan aman dan tidak hilang, nah Bank pun akan dengan hati-hati memakai dan menyalurkan uang simpanan nasabah untuk di pinjamkan kepada pihak lain

Tidak sembarang orang bisa meminjam di Bank, hanya orang-orang tertentu yang layak dipercaya Bank yang bisa meminjam di Bank, siapa yang dianggap layak? Berikut uraiaanya. Jika anda meminjam di Bank untuk bisnis, biasanya bank meminta legalitas usaha komplit seperti SKDU, SIUP, TDP, NPWP, aspek legal menunjukan usaha anda terdaftar pada instansi resmi dan menunjukan ketaatan hukum pada aturan bisnis, kalau tidak punya legalitas bisnis anda di anggap gelap dan tidak layak dapat pinjaman bank, jadi pebisnis yang tidak punya legalitas anggap saja pebisnis gelap.

Legalitas juga menunjukan lamanya usaha anda, semakin lama usia bisnis anda bank semakin percaya, membuktikan usaha anda survive dan bertahan lama, jadi pebisnis yang mengabaikan legalitas menunjukan kurang pahamnya aturan main bisnis.

Syarat lain pinjaman bank adalah laporan keuangan, bank biasanya meminta pencatatan keuangan bisnis kita dua tahun terakhir, mengapa dua tahun? Karena usaha yg sudah dua tahun dianggap sudah layak meminjam, kalau skala UKM biasanya laporan keuangan bisa kompromi dengan menunjukan bukti bon-bon penjualan kita.

Berikutnya pihak bank minta copy rekening koran atau buku tabungan tiga bulan terakhir, bisa dalam bentuk copy rekening koran atau tabungan, kenapa ini diminta? Lagi-lagi menunjukan bonafiditas usaha anda, kalau transaksi hanya tunai, tanpa ada hubungan dengan bank, berarti anda bukan pengusaha yan bank cable, lagipula catatan uang kan mudah direkayasa, copy rekening menunjukan arus keuangan anda lancar, keluar masuk uang ok, bank akan mempertimbangkan anda dapat kredit atau tidak, kalau rekening koran atau tabungan bagus.

Selanjutnya adalah agunan, pinjaman kecil biasanya di bawah 10 juta tidak perlu agunan, kalau anda butuh modal besar bank meminta jaminan dalam bentuk agunan seperti BPKB mobil, Sertifikat Tanah atau deposito, kenapa perlu agunan? Ya karena bank butuh jaminan untuk mengamankan pinjamanya, jika pinjaman anda macet resikonya barang anda disita, Bank biasanya memberi pinjaman 70% dari nilai agunan kita, misal anda mengagunkan Sertifikat rumah yg harganya 100 juta, maksimal pinjaman yg anda dapat adalah 70 juta.

Selesai? Belum, saat anda pertama minjam biasanya pihak Bank meminta copy KTP suami istri untuk BI checking? Nah mahluk apa itu BI checking? BI checking adalah laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) yang berisi riwayat kredit/pinjaman seorang nasabah kepada bank atau lembaga keuangan non bank Seperti Pinjaman Bank di Bank Umum dan BPR, pinjaman perusahaan Finance dll.

Riwayat kredit yang bagus atau buruk seorang nasabah terdata dalam data BI-checking pada Sistem Informasi Debitur ( SID ) Bank Indonesia. Jika anda pernah mengambil kredit motor terus nunggak apalagi kabur, maka BI cekling anda jelek, nah kalau BI Cekling jelek, nama baik jelek, maka bank tidak percaya sama anda, ya dampaknya tidak bisa pinjem uang di Bank.

Lah kok ribet bangat sih pinjem duit di bank? Sebetulnya tidak ribet asal bisnis kita dikelola dengan baik, legalitas diurus, uang dicatat masuk dan keluar dicatat, tidak pernah ngemplang hutang, pasti pinjaman bank bisa didapat dengan mudah.
Tapi kalau mentalitas anda tukang ngemplang utang, mengabaikan legalitas dan pencatatan keuangan, tidak pernah berhubungan dengan bank ya ribet.
Pinjaman bank itu bisa menjadi salah satu tolak ukur kemajuan bisnis anda, karena persyaratan yg diminta bank adalah sangat sesuai dengan kaidah-kaidah bisnis profesional.

Pengusaha dengan Bank sesunggunya saling membutuhkan, dalam transaksi online yg lagi trend saat ini peran bank sangat sentral, semua pembayaran online rata2 lewat transfer bank, demikian juga tatkala pengusah butuh modal, bank lah yang selalu siap menjawab kebutuhan pengusaha dalam bentuk kucuran kredit, seandainya tidak ada pengusaha kepada siapa bank menyalurakan kredit?

Perasaan saya minjem di Bank tidak seribet ini? Betul kalau pinjaman masih dibawah 10 juta, kalau sudah kelas ratusan juta, syarat diatas mutlak di perlukan, karena saya pernah ngalamin minjem dari kelas lima jutaan sampai rstusan juta.

1 komentar:

  1. (VICK MARA LOAN COMPANY)

           (vickmara3@gmail.com)

    Halo Nyonya Vick mara, pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan pinjaman yang dapat diandalkan untuk pinjaman
    dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%. dari
    USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000, euro dan pound saja. Saya memberikan pinjaman usaha,
    Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    butuh loana2
       Yang harus Anda lakukan adalah agar Anda menghubungi saya secara langsung
    Di: (vickmara3@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Nyonya: vick mara
    Email: (vickmara3@gmail.com)

    Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (vickmara3@gmail.com)

    BalasHapus