Arsip Blog

Minggu, 29 Januari 2017

Teori Kemungkinan


Kalau ada seratus kelereng dalam sebuah ember, 85 persen warna putih, 15 persen warna hijau, terus dengan muka ditutup anda diminta mengambil 10 buah, kemungkinan terbanyak yang anda dapat kelereng warna putih atau hijau?

Pastilah warna putih yg terbanyak, karena warna putih 85 persen lebih besar kemungkinannya dibanding warna hijau yang cuma 15 persen.

10 dari 3 mobil yang ada di jalan adalah merk Toyota, kalau sekiranya terjadi kecelakaan di jalan raya manakah yg lebih banyak peluang terjadi kecelakaan? Pastinya Toyota.

Penduduk Filipina mayoritas Kristen, sisanya minoritas non Kristen, kalau negeri itu banyak penyuka narkoba sehingga presidennya begitu kejam memperlakukan pelaku narkoba, kemungkinan terbesar pengguna dan penjahat narkoba di Filipina siapa? Kristen pastinya

Penduduk india mayoritas hindu, jika terjadi banyak korupsi dinegeri itu, maka coba tebak siapa pelaku terbanyaknya, pastilah orang hindu.

Jumlah umat Islam dinegeri ini, mencapai 85 persen, lalu ada yang bilang harus berbineka tunggal ika agar toleransi terjaga, siapa yang paling banyak melakukan tindakan toleransi? pasti umat islam, seandainya toleransi tidak terjaga umat islam egois mau menang sendiri, pastilah orang non islam bisa terusir dari negeri ini.

Teori kemungkinan seperti diuraikan diatas adalah salah satu cara untuk mengukur cara berpikir kita secara logis dan sistematis dalam mensikapi suatu persoalan, agar tidak terjebak pada cara berpikir sesat yang di lemparkan pihak lain.

Kalau ada yg bilang lebih baik pilih pemimpin non muslim tidak korupsi, daripada pilih pemimpin muslim tapi korusi, disini kita harus berpikir kritis

Benarkah pemimpim muslim banyak korupsi? Teori kemungkinan nengatakan bisa jadi dari sisi jumlah pelaku karena mayoritas muslim, namun dari segi prosentase belum tentu benar.

Apa mungkin semua pemimpin muslim melakukan korupsi? Belum tentu, banyak kok pemimpin muslim yang kepemimpinannya bagus dan bersih Risma, Ridwan Kamil bahkan Jokowi juga muslim, apa mesti kita bilang Jokowi termasuk pemimpin koruptor? Atau non muslim? faktanya Jokowi bwrsih dan pernah umroh, ke arab kan umrohnya.

Pertanyaan kritis lain, memangnya pelaku korupsi cuma muslim, yang non muslim sangat bersih? lah yang non muslim korupsi juga bejibun, koruptor terbesar di negeri ini adalah BLBI, penggasak uang BLBI ini yang bikin negara sempoyongan, kebanyakan pelakunya non muslim, udah ngegasak kabur lagi keluar negeri.

Jadilah orang kritis dalam mencerna sebuah kalimat yang menyesatkan, perbanyak membaca, jangan taklid buta pada seseorang, agar daya kritis kita tidak tumpul, biasakan berpikir secara logis dan sistematis agar tidak mudah sesat pikir, dengan memperbanyak referensi dari pihak lain.

Selamat ber hari libur
Yuk ke cfd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar