Arsip Blog

Rabu, 12 April 2017

Melecehkan Orang Betawi Bukan Sara



"Dul hebat banget, orang kaya temboknya bisa ngomong" teriak Mandra, saat bertamu kerumah Sarah, kebetulan di tembok rumah Sarah di pasang bel dan dilengkapi speaker yang bisa menghubungkan pagar dengan ruangan dalam, sehingga setiap tamu yg datang akan disapa lewat spekaer oleh tuan rumah (Sinetron Doel Anak Sekolahan RCTI). 

Nora,  kampungan, terbelakang, primitif itulah gambaran orang Betawi di sinetron kita. Wajah Betawi di sinetron kita diwakili Mandra yang bodoh, Omas dan Mpok Nori yang gegawakan, Maling Tong-tong  giginya maju kedepan, Babeh Sabenih tukang ngomel, Si bolot budeg tapi kalau denger kata duit budegnya ilang, Jaja Miharja juragan kaya tapi  norak, satu-satunya orang betawi rada beneran di layar kaca cuma Si doel Tukang Insinyur.

Anehnya dan " hebatnya" orang Betawi meski dicap "udik" dengan gambaran melecehkan di  sinetron, tidak ada seorang Betawi pun yang protes, ormas Betawi yang sering digambarkan media sangat "bringas" dan suka bekelahi, anteng anteng aja, tidak merasa tersinggung apalagi marah. Bahkan cenderung orang Betawi menikmati sinetron yang melecehkan dirinya dengan tersenyum dan ikut ngakak, seakan mereka mentertawakan dirinya. Andaikata kesan norak dan kampungan itu dilekatkan pada suku lain di indonesia, pastilah akan ada protes keras. 

Di tanah Betawi orang betawi pun tersingkir, kampungnya digusur, tanahnya dibeli dengan harga murah, yang tinggal di pinggir kali, dianggap nyerobot tanah negara terus dipindahin ke rumah susun yang sekarang udah ganti nama jadi apartemen,  budayanya kurang diperhatiin,  ampe gubernurnya pun orang dari kampung lain, betawi tetep anteng, tidak ada ceritanya orang Betawi berontak, apalagi Sampe punya pikiran memerdekaan diri lepas dari Indonesia, lah kalau itu sampe kejadian negara bisa bubar, ibukota negara kita ada di tanah betawi, kalau betawi berontak bisa berabe,  catat ya betawi setia ampe mati untuk NKRI

Kenapa orang Betawi begitu anteng di lecehkan dengan kasat mata?ane  kaga tahu dah tahu jawabannya itu domain para budayawan Betawi, namun kalau boleh berpendapat, orang Betawi dari sononya mempunyai sifat terbuka dan toleran, asal orang lain dateng ke kampung Betawi dengan sopan, tidak mengganggu, apalagi ikutan sholat berjamaah di langgar/masjid, mereka dengan tangan terbuka menyambut sodara-sodaranya dengan suka cita.  Selagi adat, budaya dan agamanya di hormatin orang betawi mah anteng bae, coba sesekali ente sentil agamanya yang mayoritas memeluk islam, wih bisa cabut golok, ente bisa lari tebirit-birit di slempang golok, jadi kalau betawi marah sama gubernurnya wajar
 karena udah ngelecehin agamanya.

Kalau ente kawin sama orang betawi kaya,  ya rada makmur dah, sebab tanah bakalan dapet  tinggal garet, rumah bisa dibikinin, orang betawi kalau ama urusan kawin rada tertib,  adat istiadatnya wajibin kalau kawin kudu siap lahir batin, kalau ente cewek dapat jodoh betawi kaya, biasanya saat bebesanan dikirimin isi kamar komplit, peralatan dapur, ampe parsel yang bejibun, abis nikah bisa di boyong ke mertua,  udah disiapin kamar, kalau kontrakannya banyak ya minimal dapet sepetak ha..ha..ha..

Zaman berubah musim udah berganti, betawi kaya sudah jarang, betawi norak tinggal kenangan, kini orang betawi sudah sama dengan suku lain, banyak yang berpendidikan tinggi, tidak bisa lagi ngarep tanah warisan, udah pada beli rumah di BTN gegara kagak kebagian tanah, nyicil pula, mereka udah banyak yang tercerahkan, tidak berpikiran sempit karena mereka kebanyakan tinggal di ibukota dimana segala informasi mudah didapet dan diakses. 

Makanya orang betawi anteng dilecehin, udah pada cerdas,  betawi zaman dulu barangkali ya.. norak dan kampungan! Betawi sekarang udah ada yang jadi artis, jadi Jendral, Jadi pejabat, jadi pengusaha. Udah kenal internet, mall,  bahkan dengan nyantai temen saya betawi tulen bilang “yang punya Monas itu cuma orang Betawi coi ha..ha..ha..”

“Di sinetron,  betawi norak itu masa lalu, agar di jadikan cermin, agar Betawi maju dan kagak kampungan, agar betawi kagak ketinggalan ama pendatang, agar betawi bisa bersaing dengan orang kampung laen, betawi walau udah di gusur kampungnya, budayanya, ampe tempat nyari nafkahnya kagak bakalan ngambek apalagi ngebom istana kayak amrozi, kagak ada ceritanya betawi ngambek pengen merdeka dari Indonesia coi, kagak ada ceritanya orang betawi bilang sara ketika dilecehkan, teriak temen ane yang sehari-hari mangkal jadi tukang ojek. 


"Coba dah orang kampung laen" lanjut kawan saya ini "Kalau disentil dikit sukunya langsung ngejeplat, nuduh sara, cumen dikata ahok cina aja di cap sara, lah emang nyatanya ahok cina kok marah, orang betawi mah kaga ada begitu, orang betawi mah kagak resep sama sara, kecuali ama sarah demenan si Doel di Sinetron Doel Anak Sekolahan ha..ha..ha.."

Catat ya... tulisan ini cumen pendapet ane pribadi, jangan ada yang  kesinggung apalagi marah,  , nyang kagak setuju kagak ngapa-ngapa kan demokrasi , cumen pesan aye ente yang sering teriak sara kagak usah jauh-jauh berguru contoh tuh orang betawi dikata apa juga diem bae. Dilcehkan di televisi kagak kesinggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar