Arsip Blog

Senin, 03 Juli 2017

G o k i l


Gokil itu bahasa preman maknanya gila, salah satu ciri seorang entrepenuer adalah berpikir diluar kebiasaan, nah karena berpikirnya tidak umum maka bagi yang tidak paham sering menyebut sebagai orang menyimpang alias orang gila.

Tirto utomo seorang karyawan Pertamina di era 70-an, memutuskan membuat minuman air mineral alias air bening dalam botol, bermula dari pengalaman dia mengajak tamu luar negeri nginap di hotel berbintang, tamu tersebut setelah dihidangkan minuman hotel terkena diarie, karena minuman hotel ternyata tidak hygenis, dari peristiwa timbul ide dari Tirto untuk membuat minuman hyigenis dalam kemasan botol, praktis dan hygenis tinggal buka dan minum.

Untuk mewujudkan idenya Tirto investasi membuat pabrik di kawasan Pondok Ungu Bekasi, bahkan Tirto berani keluar dari zona nyaman berhenti dari perusahaan bergengsi pada waktu itu guna mewujudkan impian menjual minuman bening dalam botol.

Pada waktu itu nyaris semua teman Tirto nyinyir dan mentertawakan tindakannya; bodoh, gokil dan tidak logis, melepas posisi enak di Pertamina dan membuat pabrik minuman aneh, disaat masyarakat gandrung dengan minuman manis, lah ini bikin minuman bening.

Pada masa itu, isu bahaya minuman manis untuk kesehatan belum menggema, ditambah lagi minum air bening itu memang mudah, orang2 di Jakarta mencari sumber air gampang, tinggal bor beberapa meter air sudah didapat, lalu dimasak jadi dah minuman bening, lah kenapa mesti beli? Belum ada isu air Jakarta telah tercemar saat itu.

Tirto tetep menjalankan impiannya, segala daya upaya dilakukan, hingga pada suatu saat Tirto nyaris kalah, mau menutup pabrik impiannya, namun aneh disaat akan menutup pabriknya, tim Tirto memutuskan membuat keputusan gokil alias gila menaikan harga minuman tiga kali lipat, benar2 gila, barang tidak laku, pabrik mau ditutup, lah naikin harga jual tiga kali lipat.

Ajaibnya keputusan gila itu justru meningkatkan penjualan tiga kali lipat, keperceayaan masyarakat tumbuh ketika harga tinggi, mereka percaya kwalitas minuman Tirto sebanding denga harganya, mungkin anda tidak kenal dengan Tirto Utomo, pasti anda kenal dengan minuman Merk Aqua, ya Tirto adalah pendiri Aqua minuman bening yang melegenda, bisa baca kisah Tirto membangun Aqua disini
https://x.detik.com/…/201…/Aqua-Pernah-Nyaris-Mati/index.php

Apa yang bisa kita petik dari kisah Tirto? Sebuah bisnis bisa dimulai dari sebuah impian, jangan abaikan mimpi kecil, sebuah mimpi akan terus berkembang jika dipupuk, dipelihara dan diwujudkan dengan action, abaikan omongan orang, kalau anda dibilang gila katakan memang gue gokil

Enam tahun lalu saya bermimpi membuat oleh-oleh khas Kota Bekasi, sebuah mimpi sederhana karena Bekasi tidak punya oleh-oleh khas, perlahan namun pasti impian itu diwujudkan, mulai dari buka rumah makan terus bangkrut, jual dalam bentuk matang bangkrut juga, akhirnya jual dalam bentuk frozen dan alhamdulillah sukses.

Jadi ciri khas orang sukses itu kudu gokil, seperti ibu di photo ini, bisnisnya bener2 gokil (gosok keliling), banyak ibu2 males seterika, ibu ini melihat ada peluang terima jasa seterika keliling dor to dor, jika ditekuni ibu ini bisa jadi pengusaha sukses, itulah makna impian dimulai dari action kecil, kalau anda mentertawakan ibu ini, maka anda termasuk bagian yg nyinyir terhadap impian pengusaha, kelak ketika ibu ini sukses anda akan ditertawakan oleh orang sukses, elu masih anggap gue gokil? ðŸ˜‚😂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar