Arsip Blog

Sabtu, 08 Juli 2017

B a b e h


Teman-teman lintas komunitas memanggil saya babeh, entah itu panggilan kehormatan atau ledekan, faktanya meman saya sudah tua hari ini berusia setengah abad, rambut memutih, gigi ompong tampang tua.

Babeh buat saya panggilan kehormatan, dalam tradisi betawi babeh atau baba adalah orang nomor dua setelah engkong (kakek), manakala engkong meninggal baba yang dituain mengganti tugas dan peran engkong.

Panggilan babeh juga pengingat kematian, karena usia sudah mendekati sepuh, sudah kudu inget akherat, jangan seperti si nganu yg udah bau kubur masih menanyakan alam keabadian.

Kanjeng Nabi usianya 63 tahun, saya sudah 50 tahun, kalau usia saya ditakdirkan sama dengan nabi, berarti sisa umur saya tinggal 13 tahun, lah kalau dikasih jatah 58 tahun seperti para pensuinan PNS berarti sisa cumen 8 tahun.

Kata pepatah bijak waktu itu laksana pedang jika kita tidak mampu memanfaatkannya maka pedang itu menusuk diri kita sendiri, Quran surat Al-Ashr menggambarkan pentingnya mengelola waktu, bahwa sesungguhnya manusia mengalami kerugian jika tidak bisa mengelola waktu, demi masa, sesungguhnya manusia senantiasa dalam kerugian, kecuali orang beriman dan beramal soleh.

Sudahkah saya mengamalkan surat Al Ashr? Memanfaatkan waktu dengan baik? ah rasanya belum, banyak waktu saya digunakan untuk hal sia-sia, masih banyak yang harus di benerin, di reparasi bahkan di ketok magik, mudah-mudahan di sisa usia saya selalu diberkahi kesehatan dan kekuatan untuk selalu taat dan patuh pada jalan Allah SWT.

Terus terang seumur-umur saya tidak pernah merayakan milad pribadi, ya karena memang bukan tradisi, seringnya mah saya malah menghadiri dan merayakan Maulud Kanjeng Nabi Muhammad SAW lebih bermakan karena bisa mendengar tausiah dari banyak ustadz dan kyai.

Namun usia 50 tahun patut di rayakanan bukan dengar tiup lilin atau obor, tapi lebih kepada introspeksi diri sudahkah saya bermanfaat bagi ummat? Kata hadist Nabi sebaik- baik nya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Terima kasih teman-teman yang telah mengingatkan berkurangnya jatah umur dan mendoakan saya, mudah-mudahan jadi pengingat tentang kehidupan abadi di yaumil akhir, Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar